Setelah Service AC Mobil, Ikuti Tips Perawatan AC agar Tetap Dingin

Setelah melakukan perbaikan dengan layanan service AC mobil, Anda harus melakukan perawatan dengan benar agar AC tetap berfungsi dengan baik. Ketahanan AC untuk tetap dingin dan stabil bisa dilakukan dengan beberapa langkah di bawah ini.


1. Rutin Memeriksa Kondisi Evaporator dan Kondensor
Setiap komponen AC mobil harus selalu diperiksa untuk menjaga agar fungsinya tetap optimal. Evaporator dan kondensor adalah dua komponen AC yang harus dipastikan kondisinya secara berkala. Anda harus rutin memeriksa kebersihan dan kelancaran sistem kerja keduanya. Apabila kebersihannya selalu terjaga dan sistem kerjanya lancar, maka akan mendukung AC tetap dingin.

2. Memeriksa Kondisi Kompresor
Komponen berikutnya yang harus diperiksa adalah kompresor. Sistem kerja AC akan terjaga apabila kompresornya dapat berfungsi secara optimal. Jika kondisinya rusak atau mengalami gangguan, maka akan terdengar bunyi-bunyian dari ruang mesin yang menjadi tanda putarannya tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Jadi, pastikan kondisi kompresor secara berkala sebelum menambah Freon pada AC hanya karena udara yang keluar tidaklah dingin. Faktornya bisa jadi karena ketidaknormalan fungsi kompresor. Tindakan yang benar akan menjaga ketahanan AC.

3. Membersihkan Filter Kabin
Jangan lupa pula untuk membersihkan bagian filter kabin secara berkala agar kondisinya tetap bersih, tanpa ada kotoran atau debu yang menumpuk. Dengan demikian, fungsinya untuk menyaring udara dapat berjalan lancar dan meminimalisasi agar debu atau kotoran tidak masuk ke evaporator.

4. Memastikan Kondisi Selang atau Pipa AC
Selang atau pipa AC sangat perlu diperhatikan kondisinya secara berkala. Upaya perawatan ini sangat penting mengingat fungsinya yang sangat penting. Jika terjadi kebocoran pada selang atau pipa AC, maka bisa menyebabkan Freon selalu berkurang lewat lubang-lubang kecil tersebut.

Hal ini tentu saja menyebabkan AC tidak dingin lagi atau berkurang sedikit demi sedikit seiring dengan bertambahnya kebocoran yang terjadi. Jadi, salah satu tanda AC tidak dingin adalah adanya kebocoran selang atau pipa AC.

5. Menjaga Kebersihan Kabin Mobil
Tindakan berikutnya yang perlu dilakukan adalah menjaga kebersihan kabin mobil. Pastikanlah bahwa kabin mobil selalu terjaga kebersihannya dengan pembersihan secara berkala. Sebab, kabin yang kotor atau berdebu tidak akan baik untuk kebersihan AC mobil karena kotoran atau debu tersebut bisa masuk ke AC.

6. Mematikan AC Sebelum Mematikan Mesin Mobil
Mematikan AC terlebih dahulu sebelum mematikan mesin mobil termasuk ke dalam tindakan perawatan AC. Jadi, jangan sampai Anda melewatkannya. Tujuannya adalah agar menjaga ketahanan AC. Selalu pastikan melakukan hal ini karena jika sampai lupa mematikan AC sampai waktunya mesin mobil dihidupkan kembali, terjadilah hentakan yang lebih besar pada kopling.


Beberapa tips perawatan AC mobil di atas sangat membantu menjaga ketahanan AC. Fungsinya akan optimal karena setiap komponennya dapat berfungsi dengan baik melalui upaya pembersihan dan pemeriksaan secara berkala. Semua upaya perawatan tersebut harus dilakukan agar AC lebih tahan lama dengan fungsinya yang lebih optimal setelah diperbaiki di bengkel AC mobil.

Share this

loading...

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »